Pada sistem PGM-FI diagnosa gangguan dijalankan bedasarkan kode gangguan yang dikeluarkan oleh fungsi pendiagnosa mandiri. Namun, berdasarkan kode gangguan, anda dapat mempersempit ke rangkaian yang ada persoalan tetapi tidak dapat mengidentifikasi komponen yang rusak, anda harus memeriksa rangkaian yang ditemukan bermesalah berdasarkan kode gangguan.
Lampu Orange bagian kiri atas adalah lampu MIL (Malfungtion Indicator lamp) yang menunjukaan kode kode gangguan.
B. PEMBACAAN DAN PENGHAPUSAN SEJARAH GANGGUAN
Jika gangguan yang terjadi pada kendaraan, sistem PGM-FI mengeluarkan kode gangguan sewaktu kunci ON maka lampu MIL akan berkedip sesuai kode ganguan sensor yang terjadi kerusakan.
1. Pembacan Sejarah Gangguan.
- Lepaskan Part luar pelindung bagian Block Mesin atas sehingga check connector atau DIC, pastikan kunci kontak pada posisi OFF
- Lepaskan Service Connector Cap yang berwarna Merah Untuk seluruh Motor FI Honda, Kemudian hubungkan sebuah Service Short Connector Sebuah Alat Untuk Penghubung yang dirancang sedemikian rupa untuk pembaca dan penghapus kode gangguan yang terdapat pada sistem PGM-FI Motor Honda.
- Setelah Service Short Connector terhubung pada service cek Connector kemudian hidupkan kunci kontak pada posisi ON jika ada sejarah gangguan pada ECM maka MIL akan Berkedip menurut kode gangguan pada sistem PGM-FI, jika tidak ada sejarah gangguan pada ECM maka MIL akan terus menyala.
2. Penghapusan Sejarah Gangguan pada sistem PGM-FI
Pada sistem PGM-FI sejarah gangguan akan tetap tersimpan di dalam ECM sampai sejarah gangguan dihapus. Maka dari itu sejarah gangguan haruslah dihapus agar kendaraan selalu dalam keadaan yang baik.
Perosedur penghapusan sejarah gangguan..
- Pastikan kunci kontak pada posisi OFF.
- Hubungkan Service Short Connector dengan Service Check Connector pada kendaran anda.
- Hidupkan Kunci Kontak pada posisi ON.
- Baca kode Gangguan yang di tampilkan pada Lampu MIL (Malfungtion Indicator lamp) , matikan kunci Kontak.
- Periksalah part yang berhubungan dengan kode kerusakan yang ditampilkan pada lampu indikator MIL, setelah ditemukan kerusakan perbaiki part tersebut jika bisa di perbaiki jika tidak bisa diperbaiki gantilah Part tersebut dengan yang baru.
- Setelah melakukan perbaikan atau pergantian pada part yang ditemukan kerusakan pasanglah part tersebut seperti semula, pastikan kunci kontak pada posisi OFF.
- Hidup kan kunci kontak pada posisi ON dan pada saat bersamaan lepaskan Service Short Connector beberapa saat kira - kira 5 detik kemudian hubungkan lagi service Short Connector seperti tadi.(catatan : Jangan menghubungkan Service connector pada saat Mil telah mati ini mengakibatkan kode gangguan tidak akan terhapus). jika kode gangguan berhasil di hapus Mil akan mati kemudian berkedip pendek dengan jarak interpal 0.3 detik, sebalik nya jika kode gangguan tidak berhasil di hapus maka Mil akan terus menyala.[dalam hal ini lakukan sekali lagi prosedur penghapusan kode gangguan seperti langkah langkah tadi..
Kedipan 1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
Kedipan 7 = Sensor EOT (Engine Oil Temperature)
Kedipan 8 = Sensor TP (Throttle Position)
Kedipan 9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)
Kedipan 12 = Sensor Injektor
Kedipan 21 = Sensor O2
Kedipan 29 = Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
Kedipan 33 = ECM (Engine Control Module)
Kedipan 54 = Sensor BAS (Bank Angle Sensor)
[ Kedipan panjang ber nilai 10 ]
[ Kedipan pendek bernilai 1 ]
[ contoh : ditemukan kedipan panjang sebanyak 1 kali dan kedipan pendek sebanyak 2 kali maka dihitung 12 kedipan, berarti ada kode gangguan pada sensor injektor ]
Bagai Man Cara Setting mode pada motor beat saya ...?
BalasHapusMohon bantuan Nya...trimakasih